Cara Memilih Makanan Menu Buka Puasa Yang Sehat

Cara Berbuka Puasa yang Sehat Bagi Tubuh

Cara Memilih Makanan Menu Buka Puasa Yang Sehat, Dari segi kesehatan ada beberapa saran cara konsumsi makanan yang dapat kita terapkan ketika berbuka agar tubuh tetap sehat. Berikut ini adalah  cara berbuka puasa yang baik untuk kesehatan:

a,Menghindari makanan berminyak

Sebisa mungkin kamu menghindari gorengan, yang merupakan makanan berminyak, dan makanan berlemak dan hanya boleh kamu konsumsi dalam jumlah yang terbatas tiap harinya. Mengonsumsi makanan gorengan atau berminyak Ketika  berbuka puasa dapat meningkatkan rasa lelah dan lesu pada saat puasa.

Disamping  itu, sistem pencernaan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan yang mengandung lemak. Hal ini bisa memicu sakit perut ataupun diare ketika puasa.

b.Memulai dengan air putih

Untuk mengembalikan cairan ke dalam tubuh setelah satu hari berpuasa adalah hal yang paling utama. kekurangan cairan bisa berdampak buruk pada kesadaran tubuh dan kerja organ tubuh seperti ginjal. 

Pada saat berbuka puasa, mulailah dengan mengkonsumsi minuman berupa air putih dan hindari minuman dingin yang mengandung kafein. Minuman dengan es bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Kemudian, kafein yang terkandung dalam minuman juga dapat berakibat tubuh kehilangan cairan dan mineral selama menjalani puasa.

c.Tidak makan dalam jumlah berlebih

Walaupun rasanya ingin menyantap makanan dalam jumlah banyak ketika berpuasa karena merasa lapar, sebetulnya makan terlalu banyak kurang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi Makanan yang berlebihan bisa membuat anda merasa kembung, mual, dan kelelahan. Hal ini bisa berakibat sakit perut pada malam hari.

d.Mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang

Pada saat anda berpuasa, waktu makan akan lebih terbatas dari waktu pada saat tidak berpuasa. walau begitu, waktu terbatas bukan berarti tubuh kita tidak mendapatkan gizi yang kita butuhkan. Kita bisa mengoptimalkan nutrisi yang kita dapatkan ketika berbuka puasa.

Pastikan jika anda mengonsumsi makanan sehat, mengenyangkan, dan bernutrisi. Makanan yang mengandung serat dan protein sangat baik untuk kamu makan ketika buka puasa.

e.Tidak mengonsumsi makanan manis dan asin berlebihan

Makanan yang mengandung sodium atau glukosa yang tidak sebaiknya tidak kamu konsumsi langsung saat buka puasa. Makanan asin terdiri dari sodium yang bisa berakibat pada kemampuan tubuh menyerap cairan. Karena hal ini, anda akan lebih berpotensi mengalami dehidrasi.

Untuk makanan manis, anda tidak disarankan mengonsumsinya untuk berbuka puasa karena makanan tersebut memiliki kalori yang tinggi namun nutrisi yang rendah. Energi yang tubuh hasilkan dari gula hanya akan bertahan sebentar sebelum menyebabkan kantuk.

Sumber:https://www.halodoc.com

 

42 Comments

  1. Hi i think that i saw you visited my web site thus i came to Return the favore Im attempting to find things to enhance my siteI suppose its ok to use a few of your ideas

  2. I don’t even know the way I stopped up here, but I believed this post
    used to be great. I do not know who you are but definitely you’re going to a famous blogger should you aren’t already.
    Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published.