Cara Mencegah Keriput Dengan Pola Hidup Sehat

Meski wajah yang keriput tidak bisa dicegah seiring berjalannya waktu, dan bertambahnya usia. Namun anda masih dapat menghambatnya agar tidak muncul keriput di kulit wajah secara dini. Banyak kita melihat mereka yang masih berusia muda namun sudah memiliki garis keriput di wajahnya. Sementara sebagian mereka sudah berumur mendekati lanjut namun keriput yang muncul hanya sedikit dan masih terlihat cantik dan lebih muda. Meski keriput tak dapat dihindari namun dengan perawatan dan gaya hidup yang baik setidaknya dapat dicegah agar tak muncul secara dini. Karena  kerutan pada wajah terkadang dapat menurunkan kepercayaan diri terlebih jika muncul secara dini atau pada usia muda. Dan kerutan yang muncul adalah proses alami tubuh manusia yang dapat dicegah agar kemunculannya tidak pada usia yang masih muda. Karena pola hidup dan juga pola makan dapat diatur agar kerutan yang muncul meski sudah pada usia menjelang lanjut dapat diminimalisir atau tidak muncul sama sekali pada usia muda, dimana diperlukan kepercayaan diri seseorang dalam penampilannya sehari-hari. Mari kita bahas beberapa hal yang berhubungan dengan kerutan yang muncul di wajah.

Penyebab munculnya kerutan pada wajah :

Pemicu keriput pada kulit wajah  yang menjadi keriput sebelum waktunya adalah berkurangnya kekenyalan kulit dan elastisitasnya. Hal ini diakibatkan oleh berkurangnya fungsi maupun jumlah akan serat kolagen yang berfungsi menjadikan  kulit elastis dan kenyal. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh bertambahnya usia seseorang. Selain itu hal tersebut juga dipengaruhi oleh warna kulit seseorang serta seringnya kulit terkena paparan sinar matahari. Penyebab lainnya berkurangnya elastisitas dan kekenyalan kulit wajah tersebut juga dipengaruhi oleh konsumsi rokok, cairan yang cukup bagi kulit wajah juga polusi yang terjadi disekitarnya.

Cara mencegah kerutan pada wajah

Meski terdapat beberapa hal seperti yang telah kita sebutkan diatas, namun ada cara yang dapat dilakukan agar kerutan tidak muncul secara dini atau jikapun muncul karena usia anda yang sudah menjelang lanjut namun tidak parah. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan :

  1. Nutrisi dari makanan dan minuman

Asupan makanan dan minuman yang tidak sehat pada tubuh kita akan mendapat reaksi pada tubuh secara langsung ataupun nantinya. Begitu pula dengan wajah. Asupan makanan dan minuman yang tidak bergizi yang diperlukan oleh kulit akan berpengaruh pada munculnya kerutan di wajah. Seperti hanya vitamin A C dan E, mineral, protein serta selenium, zinc juga glutathione merupakan suatu zat yang sangat dibutuhkan oleh kulit dalam memperbaiki jaringan kulit yang mati atau rusak. Termasuk juga kandungan kolagen dan epidermis.

Disarankan agar anda mengkonsumsi nutrisi pada makanan yang sarat akan kandungan vitamin yang kita sebutkan tadi. Begitu pula halnya dengan asupan air putih. Semakin banyak atau cukupnya  asupan air putih yang dikonsumsi maka semakin meningkatkan kemampuan kulit untuk regenerasi atau membentuk jaringan yang baru terhadap kulit yang menua. Tentu saja hal ini berbeda dengan kulit yang kering. Maka dianjurkan konsumsi air putih yang cukup sejak usia masih muda. Karena seiring bertambahnya usia maka kulit membutuhkan masukan air putih yang cukup.

  1. Olahraga dan kegiatan fisik lainnya

Aktivitas dan kinerja jantung yang teratur dan bagus dapat dilatih dengan olahraga teratur dan aktivitas fisik sejenisnya.Dengan baiknya aktivitas jantung maka secara langsung akan berpengaruh pada keriput wajah. Tentu saja hal ini dikarenakan peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh hingga ke jaringan kulit menjadi lancar. Maka akan berakibat dengan terpenuhinya asupan oksigen ke seluruh tubuh termasuk kulit. Jika asupan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan kulit terpenuhi secara baik maka hal ini juga akan berpengaruh pada proses perbaikan sel-sel yang rusak atau menua pada kulit dan membuat kulit akan terlihat lebih muda.

Semoga anda dapat mencegah penuaan  atau keriput secara dini. Dan tampil dengan kulit yang berseri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: