Cara Agar Tubuh Tetap Bugar Pada Saat Puasa

Puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim yang sudah dianggap baligh namun dengan adanya puasa tidak berarti kita mengurangi kegiatan atau rutinitas yang biasa kita lakukan setiap hari. Bahkan dengan menjalankan ibadah puasa dapat berdampak positif pada kesehatan. Selama Ramadan, beberapa orang mungkin tidak melakukan aktivitas fisik, dan akibatnya, berat badan mungkin bertambah selama bulan tersebut.

Yang perlu di ingat adalah ketika menjalankan ibadah puasa pada saat makan buka puasa atau sahur janganlah berlebihan karena dapat menyebabkan penambahan berat badan. Akan tetapi, dengan mengikuti asupan nutrisi yang benar, umat Islam yang menjalankan ibadah puasa kemungkinan bisa menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kolesterol.

Cara Agar Tubuh Tetap Bugar Pada Saat Puasa

Dikutip dari halaman WHO, dengan mengkonsumsi tiga buah kurma pada saat berbuka puasa adalah cara tradisional dan sehat untuk memulai buka puasa. Karena buah kurmaini memiliki gizi yang bagus dan merupakan sumber serat yang sangat baik. Disamping  itu, kita juga perlu mengonsumsi banyak sayuran juga untuk memberikan vitamin dan nutrisi pada tubuh kita. dan yang perlu di ingat Pilihlah makanan dari biji-bijian yang memberi tubuh energi dan serat.

Kemudian, nikmati daging tanpa lemak panggang atau panggang, ayam dan ikan tanpa kulit, agar diperoleh porsi protein yang sehat.

Yang pasti sebisa mungkin menghindari gorengan dan makanan olahan yang memiliki kandungan lemak tinggi  atau gula. Makanlah secara perlahan dan hindari makan secara berlebihan karena jika berlebihan maka timbulnya bukan sehat. Jangan lupa untuk berolahraga walaupun dalam keadaan puasa dengan menyesuaikan porsi pada saat bulan puasa dan jangan biasakan tidur setelah makan sahur.

Perlunya makan sahur

Sahur ialah makan pagi sebelum subuh untuk memulai ibadah puasa setiap hari. Makan sahur dianjurkan dikonsumsi terutama untuk kelompok khusus seperti orang tua, remaja, ibu hamil dan ibu menyusui, dan juga anak-anak yang memilih untuk berpuasa.

Yang perlu di ingat adalah pada saat menyiapkan Hidangan sahur perlu menyertakan sayuran, satu porsi karbohidrat, makanan kaya protein seperti produk susu dan atau telur, serta buah-buahan. 

Perbanyak Menkonsumsi Air Putih

Menurut halaman who juga menganjurkan untuk mengkonsumsi air setidaknya 10 gelas dalam sehari, ini bertujuan supaya tidak terjadi Dehidrasi. Pilihlah buar yang mengandung air pada saat anda berbuka ataumenjelang  sahur seperti buah semangka

Hindari minuman yang memiliki kandungan kafein semisal kopi, teh, dan cola, karena kafein dapat membuat beberapa orang lebih sering buang air kecil, yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Sumber: Sehatkita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: