Cara Melatih Kelenturan Kaki Olahraga Taekwondo

Taekwondo merupakan olahraga yang mengutamakan kelenturan kaki karena iolahraga ini adalah olahraga yang gerakan utamanya adalah kaki. Nah untuk pemula tentunya akan mengalami kesulitan jika caranya tidak tepat, Cara Melatih Kelenturan Kaki Olahraga Taekwondo biasanya di lakukan pada saat akan melakukan pemanasan sehingga siswa ketika berlatih kakinya sudah dalam keadaan lentur. Artikel kali ini akan mencoba membabtu para olahragawan yang belajar melatih kelenturan kaki atau yang biasa di sebut split.

Untuk bisa split atau melebarkan ke-2 tungkai bisa dilaksanakan secara baik bila sendi serta otot-otot pinggul Anda cukup lentur. Anda dapat lakukan tempat ini dengan berlatih pengenduran dengan cara ekstensif serta teratur. Tempat ini dapat Anda kuasai dalam tempo yang relatif cepat, bergantung berapakah lama Anda lakukan pengenduran serta berapa lenturnya badan Anda waktu mulai berlatih split.

Pemanasan serta pengenduran benar-benar perlu dikerjakan waktu Anda akan lakukan beberapa jenis olahraga yang membutuhkan kelenturan tubuh Anda diantaranya ialah split. Pemanasan seperti apa yang pas untuk split? Pemanasan untuk split seharusnya diprioritaskan pada pergerakan kaki secara detail, yaitu pangkal paha, paha, betis dan telapak kaki.

Pemanasan bisa dilaksanakan kurang lebih 10 – 15 menit sebelum Anda meneruskan ke pengenduran. Kerjakan pemanasan dengan cara perlahan-lahan jangan tergesa-gesa.Berikut beberapa pergerakan pemanasan serta pengenduran yang bisa Anda kerjakan :

Ada dua jenis split yang dapat Anda kerjakan yakni split dengan badan menghadap kedepan atau middle split serta split dengan tempat badan menyamping atau front split. Untuk lakukan middle split Anda harus mempunyai elastisitas badan yang benar-benar baik. Sedang untuk front split umumnya semakin gampang dilaksanakan buat pemula serta umumnya banyak orang akan mendapatkan kenyamanan lakukan front split serta lebih fleksibe ldengan salah satunya kaki saja.

Split depan/Front Slit

Saat ini waktunya Anda mempraktikkan front split di bawah ini ialah tingkatan melakukan :

  1. Posisikan badan Anda menghadap ke tepi seperti berlutut dengan salah satunya kaki di muka serta kaki yang satunya lagi di belakang.
  2. Posisikan kaki depan Anda capai tempat 90 derajat dengan mendesak kuat pada telapak kaki Anda.
  3. Perlahan-lahan geser kaki depan Anda demikian dengan belakang. Janganlah lupa untuk mengendalikan napas Anda serta kerjakan secara
  4. Turunkan badan Anda perlahan-lahan ke bawah, untuk menolong jaga kesetimbangan badan Anda dapat memakai pertolongan tangan Anda untuk penunjang badan Anda.
  5. Ingat, bila Anda merasai sakit jangan terus dipaksakan bila Anda tidak mau cedera.
  6. Kerjakan terus sampai nanti badan Anda dapat capai bawah.
  7. Menjaga pinggul serta telapak kaki Anda masih sejajar serta ke-2 lutut Anda membuat garis lurus.
  8. Bila badan Anda telah capai lantai atau bawah coba tahan tempat itu semasa yang Anda dapat.
  9. Selanjutnya kerjakan hal sama pada tempat sebaliknya. Serta disanalah Anda akan mendapatkan kaki mana yang semakin nyaman serta lebih fleksibel waktu lakukan front split.

Perlu di ingat anda juga bila menggunakan bantuan bantal untuk mengganjal yang di letakkan di tengah paha anda agar tidak telalu sakit

Middle split/ Split tengah

Untuk melakukan middle split caranya jugatidak jauh berbeda ketika melakukan front split. Untuk pemanasan dan peregangan juga sama . Sebab middle split membutuhkan kelenturan tubuh yang lebih, maka lakukan peregangan yang lebih banyak pula. Anda bisa juga menambahkan beberapa peregangan lain seperti:

1.Posisi bersila dengan merapatkan telapak kaki agar menempel

2.Merapatkan kaki ketembok bada bagian ujung kaki

 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: