Cara Merawat Ban Mobil Supaya Awet

Cara Merawat Ban Mobil Supaya Awet, Ban atau roda adalah salah satu komponen penting pada kendaraan mobil. Mutu dan Kualitas ban yang baik akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Ini disebabkan karena benda dari karet yang berbentuk bulat ini selalu bersentuhan langsung dengan jalanan aspal setiap waktu baik di gunakan ataupun tidak. Yang perlu di lakukan sebagai pemilik mobil adalah Memastikan ban berada dalam kondisi prima saat akan memakai mobil karena ini sangat penting

Biasanya umumnya ban bisa digunakan hingga tiga sampai lima tahun, ini tergantung pada kualitas produk dan bagaimana cara pemakaianya. Cara Merawat Ban Mobil Supaya Awet Jika ban sudah mulai terlihat halus dan terjadi perubahan bentuk, maka yang perlu di lakukan adalah harus segera menggantinya supaya tidak terjadi hal2 yang tidak di inginkan apabila terjadi selip atau pecah ban tiba-tiba sewaktu sedang di kendarai di jalan. Untuk itu agar ban kita awet dan dapat dimanfaatkan secara optimal, silahkan coba beberapa tips berikut ini dapat coba dipraktekkan.

1.Cek tekanan angin pada ban secara berkala

Selalu cek Tekanan udara itu penting karena tekanan dalam ban harus diatur sedemikian rupa agar nyaman pada saat dipakai. Tekanan ban sesuaikan dengan aturan yang di tetapkan pada kendaraan Jangan terlalu keras sehingga membuat ban cepat aus dan juga akan sulit dikontrol. Tapi juga tidak boleh tekannanya terlalu ringan karena akan berakibat tarikan mesin menjadi lebih berat. Tekanan yang ada dalam ban pastinya juga akan berkurang dengan sendirinya walaupun  mobil jarang di gunakan. Sebaiknya disarankan mengontrol tekanan angin dalam ban tiap minimal 2 (dua) minggu sekali atau pada saat mau digunakan untuk berkendara jarak jauh demi menjaga keselamatan.

2.Tukar posisi ban

Pada umumnya Sistem pada mobil biasanya hanya memiliki satu penggerak pada roda entah itu di bagian depan saja (FWD) atau juga hanya bagian belakang (RWD). Dengan demikian, 2 buah ban yang terpasang pada bagian sistem penggerak pada ban tersebut tentunya akan lebih cepat halus. Bagaimana sebaiknya untuk menyiasati hal tersebut?, Saran yang harus dilakukan adalah dengan menukar posisi ban depan ke belakang pada tiap +- 5.000 sampai 10.000 km agar ban lebih awet.

3.Gunakan nitrogen untuk mengisi angin ban

Banyak keuntungan mengisi angin ban dengan menggunakan nitrogen dan ini tentunya akan membuat ban menjadi lebih tahan lama. Nitrogen akan menjaga kondisi ban agar tetap dingin walaupun harus terus bergesekan dengan aspal dijalanan. Nitrogen pastinya juga membuat tekanan angin dalam ban akan lebih stabil dan berakibat ban tidak mudah kempes.

4. Jangan sembarangan modifikasi ban

Setiap kendaraan roda 4 memiliki spesifikasi masing2 dan pastinya ban yang digunakan akan menyesuaikan kegunaanya. Tidak jarang yang mengganti ban untuk modifikasi namun ukuranya tidak sesuai dengan standar mobil yang digunakan. Dan tentunya akan mengganggu fungsi ban dan pastinya akan membahayakan sebab perbedaan antara ukuran ban dan beban yang harus ditanggung. Nah sebenarnya Cara Merawat Ban Mobil Supaya Awet tidaklah terlalu sulit dan silahkan di coba.

Sumber:Automotive.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: