Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Ketika Batuk

 

Batuk terkadang membuat kita terasa jangkel karena dahaknya yang susah di keluarkan karena terasa lengket, Nah untuk mengeluarkan dahak yang terasa lengket ada beberapa cara yang sebenarnya sangat mudah di lakukan dan ini benar-benar sangat membantu di kala kita mengalami masalah ini.

Berikut ini adalah Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Ketika Batuk

1. Melembapkan udara

Dilansir oleh media Health Line, melembabkan udara di sekitar kita juga dapat membantu mengencerkan dahak atau lendir. Kita mungkin sering mendengar bahwa dengan menggunakan uap dapat mengeluarkan dahak dan juga hidung tersumbat. Sebetulnya tidak banyak bukti ilmiah yang bisa membuktikan gagasan ini dan mungkin malah dapat menyebabkan luka bakar. Selain uap, kita  bisa menggunakan alat yang di namakan cool mist humidifier. Kita bisa menjalankan humidifier dengan aman setiap hari. Kita hanya perlu memastikan bahwa Anda mengganti air setiap hari dan membersihkan humidifier Anda sesuai dengan petunjuk kemasan.

2.Dengan Cara Bersujud

 
Cara ini juga sangat efektif yaitu dengan cara bersujud seperti sholat dan kemudian jika anda sedang batuk maka lakukan sambil sujud dan bila perlu ada yang menepuk punggung agar dahak yang ada ikut terbantu keluar.
 

3.Perbanyak Minum Hangat

 
Mengkonsumsi cukup cairan, terutama yang hangat, juga  dapat membantu melancarkan aliran dahak atau lendir. Air hangat dapat melonggarkan hidung tersumbat dengan membantu lendir bergerak. Cobalah menyesap apa saja mulai dari jus, kaldu bening hingga sup ayam. Pilihan cairan bagus lainnya termasuk teh tanpa kafein dan air campuran sari jeruk lemon.
 

4. Berkumur dengan Menggunakan air garam

Berkumur dengan menggunakan air garam yang  hangat bisa membantu menghilangkan dahak yang menggantung di belakang tenggorokan. Bahkan air garam dapat membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan Anda.

Untuk Cara mengeluarkan dahak dengan air campuran garam dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut: Campurken satu gelas air dengan 0.5 hingga 3/4 sendok teh garam. Gunakan Air hangat karena air hangat bekerja paling baik karena membuat garam lebih cepat larut. Jika menggunakan air kemasan yang tidak mengandung klorin yang mengiritasi Masukkan sedikit campuran ke dalam mulut dan miringkan kepala sedikit ke belakang Biarkan campuran tersebut masuk ke tenggorokan tanpa meminumnya Tiup perlahan udara dari paru-paru untuk berkumur selama 25-50 detik, kemudian keluarkan airnya lalu Ulangi sesuai dengan kebutuhan.

Sumber:kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: