Cara Mudah Menghilangkan Jamur Panu Pada Kulit

Cara Mudah Menghilangkan Jamur Panu Pada Kulit

Panu (Tinea versicolor) ialah type penyakit kulit yang dikarenakan oleh jamur. Pertanda timbulnya panu sendiri ialah munculnya bercak-bercak putih pada kulit dibarengi dengan rasa gatal-gatal. Warna bercaknya tidak selamanya putih, tetapi dapat berwarna cokelat, merah, hitam bergantung pada warna kulit pasien.Panu tidak sama juga dengan jerawat. Jerawat kelihatan mencolok, sedang panu tidak mencolok seperti seperti kulit biasanya. Waktu kita berkeringat, karena itu panu akan berasa gatal. Malassezia ialah jamur pemicu panu. Jamur ini tidak beresiko serta biasanya memang diketemukan pada kulit manusia.

Sebelum mengulas tentang langkah hilangkan panu dengan alami, perlu untuk diketahui jika, warna bercak panu dapat lebih jelas atau lebih gelap dari warna kulit asli. Pada beberapa masalah, warna panu serta ada pula yang pink atau merah. Diluar itu, Anda tak perlu cemas sebab penyakit kulit ini tidak menyebar.

Berikut Cara Mudah Menghilangkan Jamur Panu Pada Kulit:

1. Lengkuas

Langkah hilangkan panu dengan mudah dan cepat untuk dikerjakan dengan lengkuas. Tidak hanya dapat dipakai untuk bumbu makanan, lengkuas nyatanya dapat digunakan untuk hilangkan panu.

Triknya, mengambil lengkuas serta potong jadi bagian-bagian, lalu gosok-gosokkan pada permukaan kulit yang terserang panu. Buat memperoleh hasil yang optimal, lakukan langkah hilangkan panu ini setelah mandi.

2. Bawang putih

Tidak hanya lengkuas, bahan penyedap makanan lain yang dapat dipakai jadi langkah hilangkan panu ialah bawang putih. Triknya ialah mengambil bawang serta buang kulitnya, lalu potong jadi beberapa bagian kecil, selanjutnya gosokkan di bagian panu. Lakukan langkah hilangkan panu dengan alami ini setelah mandi.

3. Belerang

Langkah hilangkan panu dengan alami yang lain ialah memakai belerang. Triknya, belerang ditumbuk serta haluskan dengan rata, lalu campur dengan jeruk nipis serta minyak kelapa. Selanjutnya berikan di bagian kulit yang terserang panu.

4. Lidah buaya

Tidak hanya banyak dipakai untuk kesehatan rambut, nyatanya lidah buaya bisa dipakai jadi langkah hilangkan panu. Lidah buaya mempunyai kandungan karakter antijamur serta antiinflamasi.

Ke-2 kandungan itu efisien dalam menyembuhkan perkembangan jamur. Diluar itu, karakter dari lidah buaya baik untuk pengobatan infeksi kulit yang rusak. Langkah pemakaiannya, berikan gel lidah buaya langsung pada wilayah kulit yang terserang 2 sampai 3 kali satu hari sepanjang beberapa minggu.

5. Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan antimikroba yang dapat mengatur perkembangan jamur. Triknya, campur cuka apel serta air hangat dengan perbandingan yang sama. Diamkan sepanjang 15 menit kemudian basuh sampai bersih.

6. Kunyit

Langkah hilangkan panu ainnya dengan manfaatkan kunyit yang memiliki kandungan agen antiseptik, antibiotik, serta antijamur.

7. Minyak kelapa serta minyak kayu manis

Diakui jadi fungisida alami, minyak kelapa adalah salah satunya obat yang efisien untuk memberantas beberapa type infeksi jamur terhitung panu. Triknya, cukup campur 1 sendok minyak kelapa serta 6 tetes minyak kayu manis. Langkah hilangkan panu di muka ini dikerjakan dengan langsung memoleskan pada ruang kulit yang terserang, diamkan 15-20 menit kemudian basuh dengan air hangat.

8. Yoghurt

Beberapa orang tidak menduga jika yoghurt bisa dipakai jadi langkah hilangkan panu. Yoghurt yang disebut di sini yaitu yoghurt polos tanpa ada rasa serta tanpa ada gula. Yoghurt asli tanpa ada kombinasi apa pun ialah langkah hilangkan panu alami yang dapat Anda coba.

Kandungan probiotik pada yoghurt alami bisa menghalangi perkembangan jamur. Triknya, berikan yoghurt pada kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan paling tidak 20 sampai 30 menit, lalu basuh dengan air hangat.

9. Beeswax

Beeswax atau diketahui dengan panggilan lilin lebah ialah produk yang dibuat dari polimer sarang lebah. Beeswax dibuat dengan mengekstrak sarang lebah.

Seperti dalam dengan madu, beeswax mempunyai faedah untuk badan. Tetapi lilin lebah tidak dikonsumsi dengan diminum atau dikonsumsi. Beeswax cuma diterapkan pada kulit, contohnya pelembap bibir serta kulit.

Diluar itu, beeswax sangat baik dalam memberi perlidungan pada peradangan serta bakteri sebab kandungan emolien di dalamnya. Oleh karena itu, beeswax dapat dipakai untuk menangani jerawat.

10. Minyak oregano

Langkah hilangkan panu selanjutnya yang dapat dicoba ialah memakai minyak oregano. Minyak oregano sendiri mempunyai dampak antijamur, anti-oksidan, antivirus serta antibakteri. Menurut satu riset, minyak oregano bisa menantang perkembangan jamur Candida, jamur yang umumnya diketemukan di aliran pencernaan serta vagina.

Bila perkembangan jamur tidak teratasi, Candida dapat mengakibatkan infeksi kulit, sariawan serta tentu saja infeksi vagina. Tetapi, klaim berkaitan penemuan ini masih memerlukan riset kelanjutan.

11. Minyak thyme

Thyme essential oil atau minyak atsiri thyme ialah minyak yang datang dari tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Thymus vulgaris. Tumbuhan ini seringkali dipakai untuk memasak, aromaterapi serta obat kumur.

Ekstrak dari tanaman ini diakui dapat membuat perlindungan badan dari penyakit beresiko seperti infeksi jamur serta bakteri, stroke, sampai arthritis. Elemen dalam tumbuhan seperti caryophyllene serta camphene berbentuk antiseptik hingga dapat membunuh infeksi pada kulit serta pada tubuh.

12. Grapefruit seed oil

Grapefruit seed oil (GSE) ialah suplemen yang dibuat dari biji serta ampas jeruk. GSE kaya minyak atsiri serta anti-oksidan. Perlu untuk diketahui jika, GSE memiliki kandungan senyawa kuat yang bisa membunuh lebih dari 60 type bakteri serta ragi.

Beberapa studi mengutarakan, GSE dapat efisien pemakaiannya seperti obat antijamur serta antibakteri topikal yang umum diresepkan, seperti nistatin. GSE membunuh bakteri dengan merusak membran luarnya serta membunuh beberapa sel ragi dengan mengakibatkan apoptosis, yakni kematian sel dengan terprogram yang berlangsung dengan normal sepanjang proses perubahan serta penuaan semua jaringan badan.

Nah, itu cara-cara hilangkan panu yang dapat Anda coba. Bila langkah-langkah di atas telah dikerjakan tapi panu makin menebar ke semua badan, karena itu penyembuhan lain yang dapat dikerjakan ialah memakai obat medis seperti cream antijamur, shampo antijamur sampai tablet antijamur.

Kadang, dokter dapat mereferensikan memakai shampo spesial (memiliki kandungan bahan aktif seperti selenium sulfida atau ketoconazole) pada kulit serta rambut tiap dua sampai empat minggu. Ada pula obat-obatan oral (tablet) yang bisa diminum tiap empat minggu untuk menahan panu kembali.

Sumber:doktersehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: