cara mudah untuk mengetahui keaslian madu lebah

cara mudah untuk mengetahui keaslian madu lebah

cara mudah untuk mengetahui keaslian madu lebah Madu memang menjadi salah satu bahan minuman alami yang paling banyak digunakan di masyarakat karena manfaatnya. Untuk kesehatan seperti obat batuk, obat antioksidan, pencegah diabetes dan lain lain. Madu merupakan suatu cairan yang hampir mirip dengan cairan sirup tapi teksturnya lebih kental dan juga lebih manis dibanding dengan sirup. Madu merupakan zat yang di hasilkan oleh hewan lebah atau serangga yang muncul dari nektar bunga.
Madu ini bisanya juga sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan.akan tetapi, dikarenakan banyaknya manfaat dan yang membutuhkan madu sangat banyak maka ada ada saja jenis madu yang dipalsukan dan penjualanya juga bebas.Perlu di akui sulitnya untuk mengetahui dan membedakan antara madu asli dan madu yang palsu.Sebelum membahas bagaimana membedakan madu yang asli dan palsu.

. Berikut ini adalah cara mudah untuk mengetahui keaslian madu lebah

  1. Meneteskan madu ke dalam air di gelas

Cara pertama adalah, anda cukup masukkan satu tetes madu ke dalam air yang di dalam gelas. Kemudian Jika tetesan madu tidak tercampur/menyatu dengan air tetapi  terjatuh ke dasar air, maka madu tersebut adalah asli atau murni dan bukan campuran.Namun jika tetesan madu bisa menyatu atau terapung di air, maka dapat dikatakan bahwa madu itu adalah palsu/campuran dan tidak murni.

  1. Dengan Menggunakan Korek Api

Selanjutnya untuk mnenguji Keaslian madu juga bisa dengan melumuri ujung korek api yang terbuat dari kayu dengan madu.Selanjutnya, gesekkan ujung korek api yang telah dilumuri madu tersebut kemudian dinyalakan.Jika korek api masih bisa menyala setelah dilumuri madu,berarti madu tersebut adalah asli. Tapi Sebaliknya seandinya korek api tidak mau menyala, maka kemungkinan besar madu tersebut adalah palsu dan di pastikan ada campuran di dalamnya.

C.Membekukan madu

Anda juga bisa memasukkan madu yang telah dibeli ke dalam kulkas freezer atau lemari pembeku. Jika Madu tersebut asli maka madu tersebut tidak akan membeku walaupun di simpan dengan waktu cukup lama,namun jika madu tersebut membeku maka sudah bisa di pastikan madu tersebut adalah palsu

D.Selanjutnya Menguji Madu dengan kertas

Caranyanya yaitu dengan meneteskan atau menuangkan madu pada kertas kosong. Kemudian cobalah untuk mengoyak kertas yang sudah dikasih madu tersebut,seandainya kertas tidak mudah robek, berarti madu tersebut benar-benar murni tanpa campuran. Sebaliknya, apabila kertas tersebut gampang terkoyak atau sobek dirobek, maka madu tersebut di pastikan palsu atau sudah ada campurannya.

Nah cara mudah untuk mengetahui keaslian madu lebah tidaklah sulit karena bisa di lakukan tidak menggunakan alat khusus jika anda ingin menguji sendiri

Sumber:Sehatnusantara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: