Gempa Bumi Mengguncang Pasaman Barat Sumatera Barat Tidak Berpotensi Sunami

Telah terjadi gempa bumi dan mengguncang wilayah Kabu. Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Pada Jumat pagi tanggal 25/2/2022. Gempa yang terjadi beberapa detik ini mempunyai kekuatan magnitudo 6,2 ini terjadi pada jam 08:39:29 WIB.

BMKG telah melaporkan, titik pusat gempa berada di 17 km timur laut Pasaman Barat, Sumatra barat. Episenter gempa berada pada koordinat 0.15 lintang utara dan 99.98 bujur timur.

BMKG memastikan, gempa bumi dengan kedalaman 10 km tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami. akan tetapi masyarakat dihimbau untuk tetap mewaspadai potensi terjadinya kemungkinan gempa susulan.

“Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin akan terjadi,” demikian peringatan yang dikeluarkan BMKG dalam situs resminya.

Beberapa menit sebelumnya, wilayah Pasaman Barat, Sumbar juga diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,2. Gempa terjadi pada pukul 08:35:51WIB

Gempa  itu berpusat di 18 km timur laut Kab. Pasaman Barat Sumatra barat dan hanya berjarak sekitar 1 km dari gempa kedua. Episenter gempa berada pada koordinat 0.14 LU-99.99 BT.

BMKG memastikan, gempa dengan kedalaman 10 km itu juga tidak akan berpotensi terjadi tsunami.

Gempa ini juga di rasakan oleh masyarakat di daerah mandailing natal sumatra utara bahkan sampai ke singapura

“Kita tadi lagi nonton TV, tiba-tiba terasa ada getaran sampai atap rumah berbunyi getaran jadi kami khawatir rumah ambruk sehingga kami sama anak-anak keluar dari rumah.” Kata Marlina Hsb, ibu rumah tangga warga Desa Panggorengan, Kecamatan Panyabungan, Madina kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (25/2/2022).
 
Sampai saat ini belum di ketahui korban akibat terjadinya gempa yang mengguncang sumatra barat ini.

4 Comments

  1. It is really a great and useful piece of information. I’m happy that
    you simply shared this helpful information with us.

    Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

    Also visit my web blog – 熟女A片 (Gennie)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: