Khasiat Dan Manfaat Daun Kelor Dan Cara Menkonsumsinya

Khasiat Dan Manfaat Daun Kelor Dan Cara Menkonsumsinya, Daun kelor adalah tanaman liar yang mudah tumbuh di manapun dan tanaman ini mudah untuk di temukan dan cara menanamnyapun cukup mudah cukup dipotong pohonya dal lalu di tancapkan di tanah yang subur maka akan tumbuh dalam beberapa hari. Tanaman ini sangat banyak manfaatnya karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat tinggi. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimakan atau dijadikan ramuan obat herbal tradisional. Di negara Barat, daun kering dijual sebagai suplemen makanan, baik dalam bentuk bubuk maupun kapsul. Kandungan nutrisi yang terdapat di daun kelor diantaranya adalah

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari RDA (Recommended Daily Allowance) atau rekomendasi angka kecukupan yang dianjurkan. 
  • Vitamin C: 12% dari RDA
  • Besi: 11% dari AKG
  • Riboflavin (B2): 11% dari RDA
  • Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari RDA
  • Magnesium: 8% dari RDA

Khasiat Dan Manfaat Daun Kelor Dan Cara Menkonsumsinya, daun kelor juga mengandung antinutrien yang cukup tinggi dan juga dapat mengurangi penyerapan mineral dan protein. 

A. Kaya antioksidan

Tanaman kelor juga kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang bekerja untuk melawan radikal bebas di tubuh. 

Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi bisa menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe dua. 

Disamping itu, antioksidan yang kuat juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan untuk mengawetkan makanan, sehingga meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi. 

Nah untuk memanfaatkan khasiat daun kelor caranya adalah dengan di rebus karena dengan merebusnya maka nilai kandungan nutrisinya akan lebih tinggi manfaatnya di bandingkan di makan mentah. Di Indonesia sendiri, daun kelor sering kali diolah menjadi masakan seperti lalapan, sup bening, sayur tumis, nugget, bahkan rolade. Anda pun dapat merebus daun kelor bersama air putih matang dan meminumnya. Tapi ingat, sebaiknya Anda tidak merebus daun kelor terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang dan khasiatnya tidak berkurang

Sumber: Infosehat.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: