Tingkatan Sabuk Dalam Taekwondo Dan Arti Warnanya

Berikut ini adalah Tingkatan Sabuk Dalam Taekwondo Dan Arti Warnanya  yang di sandang oleh semua taekwondoin.Untuk memperoleh tingkatan di atasnya maka taekwondoin akan melalui tahap demi tahap untuk menguasai tehniknya yang biasanya selama 4 bulan.Dalam masa ini maka setiap taekwondoin akan di gembeleng sesuai dengan tingkatan masing2.

Warna Sabuk dan Tingkatan / Geup

1. Sabuk Putih (10 / X)
2. Sabuk Kuning Polos (9 / IX)
3. Sabuk Kuning Strip Hijau (8 / VIII)
4. Sabuk Hijau Polos (7 / VII)
5. Sabuk Hijau Strip Biru (6 / VI)
6.Sabuk  Biru Polos (5 / V)
7. Sabuk Biru Strip Merah (4 / IV)
8. Sabuk Merah Polos (3 / III)
9. Sabuk Merah Strip I (2 / II)
10. Sabuk Merah Strip II (1 / I)

Arti Warna Setiap Tingkatan Dalam Taekwondo

Dalam berlatih beladiri semua memiliki maksut dan tujuan untuk pemberian setiap warna dalam tingkatan sabuk.Begitu juga dengan beladiri Taekwondo yang merupakan olahraga beladiri yang asalnya dari Korea Dan tentunya semua ada makna dan arti untuk setiap warna sabuk

Menurut sejarahnya, warna-warna ini memiliki tingkat hierarkisnya masing-masing. Berikut adalah arti warna sabuk yang dimaksud :

Sabuk Putih :

Lambang kepolosan atau ketidaktahuan. Warna ini akan disandang oleh Taekwondo-in yang baru akan memulai mengikuti tingkat dasar .

Sabuk Kuning :

Kuning merupakan Lambang bumi dan bumi adalah Sebagai tempat tanaman memasukkan akarnya,maka  pada tingkat inilah dasar-dasar teknik dan filosofi beladiri Taekwondo mulai akan ditanamkan.sebelum para taekwondoin menyandang sabuk hijau maka taekwondoin akan menyandang sabuk kuning strip.

Sabuk Hijau :

Warna hijau merupakan Lambang tanaman. pada tahap  ini para taekwondoin akan mulai di tumbuhkan dasar taekwondo yang mereka miliki agar mulai berkembang

Sabuk Biru :

Warna biru merupakan Lambang langit. Dan Langit yang ada di atas merupakan arah tumbuhnya tanaman, pada tahap ini juga Taekwondo-in mulai akan dibentuk untuk lebih mapan dan tangguh dan diharapkan akan mulai matang dalam penguasaan tehnik.

Sabuk Merah :

Merah merupakan Lambang api (bahaya). Di tingkatan ini Merupakan tahap untuk meningkatkan kontrol diri para Taekwondo-in, diharapkan Taekwondo-in sudah menguasai ilmunya dengan baik agar mampu menghadapi lawan dalam pertandingan atau di luar pertandingan.

Sabuk Hitam :

Warna hitam merupakan Lambang kedewasaan dan keahlian dari seorang Warna hitam kebalikan dari warna putih yang merupakan warna dasar.Warna Hitam dapat juga berarti keberanian yang matang dan mumpuni . Taekwondo-in yang sudah mencapai tahap ini bisa dianggap sebagai ahli Taekwondo dan tentunya pada tahap ini pemegang sabuk hitam akan lebih bijak.

Setelah Taekwondoin menguasai semua tingkatan sampai sabuk hitam,maka selanjutnya sabuk hitam juga memiliki tingkatan sesuai dengan tehnik dan masa dalam latihan.

Nah itulah beberapa arti Tingkatan Sabuk Dalam Taekwondo Dan Arti Warnanya semoga bermanfaat.

Sumber:Taekwondosport.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: