Benarkah Mandi Pada Malam Hari Akan Menjadi Penyebab Rematik?

Benarkah Mandi Pada Malam Hari Akan Menjadi Penyebab Rematik?

Benarkah Mandi Pada Malam Hari Akan Menjadi Penyebab Rematik?.Mandi pada malam hari mungkin saja seringkali jadi pilihan Anda sesudah sepanjang hari repot melakukan aktivitas. Banyak argumen yang mendasarinya, diantaranya merupakan perasaan risih serta tidak nyaman karena kotoran serta debu yang melekat di badan. Akan tetapi, sering pasangan atau keluarga melarang Anda lakukan hal itu karena yakin mandi pada malam hari dapat mengakibatkan rematik. Apakah benar semacam itu, atau cuma mitos belaka?

Reumatik merupakan penyakit autoimun, yakni penyakit yang mengakibatkan peradangan persendian. Buat yang terserang penyakit ini akan rasakan ngilu pada persendiannya. Umumnya reumatik berlangsung pada pergelangan kaki, lutut, siku serta pinggang.

Pemicu reumatik sendiri belumlah jelas, menurut beberapa pakar kesehatan, penyakit ini dikarenakan oleh kelainan genetik yang menyerang orang umur produktif. Ada pula yang mengatakan reumatik dikarenakan oleh virus, karena cedera yang mendadak, obesitas, bertambahnya umur, alur makan yang tidak sehat serta ada banyak lagi.

Dengan menambahnya umur, susunan pelindung sendi akan makin tipis serta minyak pelumas sendi akan makin mengental. Mengakibatkan sendi bisa menjadi kaku serta ngilu waktu digerakkan. Diluar itu berat tubuh yang terlalu berlebih condong mengubah metabolisme badan serta memberi beban yang berlebihan pada sendi yang bisa menyebabkan munculnya reumatik.

Bukan sekedar itu, alur makan yang tidak sehat dapat juga mengakibatkan reumatik. Makanan yang memiliki kandungan lemak hewani dalam jumlahnya yang tinggi akan dirubah badan jadi zat “eicosanoid”, yang disebut zat yang bisa mengakibatkan radang pada persendian.

Lalu Benarkah Mandi Pada Malam Hari Akan Menjadi Penyebab Rematik? Mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Mandi malam hanyalah pencetus kambuhnya rematik, bukan penyebab. Perubahan suhu tubuh yang fluktuatif (misal karena cuaca atau air dingin) memang dapat memicu kambuhnya rematik. Oleh karena itu bagi penderita rematik baiknya memperhatikan suhu tubuh agar tetap stabil, salah satunya dengan menghindari mandi di malam hari atau mandi dengan air hangat.

Sumber:Doktersehat.com

25 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.