Kenali Tanda Apakah Tubuhmu Mendapatkan Cukup Air

Tubuh manusia sebagian besar terdiri air. Bahkan sendi dan otot juga memerlukan air. Begitu pula halnya otak manusia yang tak boleh kekurangan air. Memenuhi kebutuhan akan air bagi tubuh merupakan kebiasaan penting yang harus dimulai sejak dini. Terutama air putih. Karena jika anda mengkonsumsi air putih maka sama dengan anda meringankan kerja ginjal anda. asupan air putih yang cukup bagi tubuh adalah sesuai usia dan kebutuhan. Jika anda orang dewasa dan sering melakukan olahraga yang menghasilkan banyak keringat, maka asupan air putih yang sesuai dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat produksi keringat yang berlebih akibat olahraga tersebut.  

Salah satu efek kekurangan akan air putih didalam tubuh manusia yang seketika akan dirasakan adalah mereka yang dalam bekerja hanya duduk didepan layar komputer selama berjam-jam. Rasa nyeri pada pinggang akan muncul akibat sendi di bagian pinggang yang menjadi kaku karena banyak duduk, yang dibarengi dengan kurangnya asupan air putih. Hal ini tentu saja harus dibarengi dengan relaxasi dan gerakan ringan pada area pinggang setiap 30 menit.

Namun jika asupan air putih  yang cukup, maka tubuh langsung bereaksi dengan beberapa manfaat yang dapat dirasakan :

Berikut hal yang dirasakan jika asupan air putih sesuai didalam tubuh :

  1. Lebih berenergi

Rasa letih dan tidak berenergi akan dirasakan oleh tubuh yang tidak mendapatkan cukup air putih. Hal ini dikarenakan seluruh sel yang ada dalam tubuh manusia membutuhkan asupan air putih yang cukup agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Lemah dan lesu merupakan gejala awal yang dirasakan yang akan semakin parah jika terus tidak mendapatkan asupan air putih yang cukup.

  1. BAB lancar

Setelah anda bangun dari tidur setiap pagi maka pastikan perut diisi dengan air putih saat dalam keadaan kosong. Maka hal ini akan memancing gerak peristaltik usus untuk mendorong tinja keluar. Lakukan hal ini dengan rutin dan dianjurkan akan lebih baik jika dengan air putih hangat. Diketahui jika rutin minum air putih hangat setiap pagi maka selain akan melancarkan BAB juga dapat menjadi terapi bagi mempercepat penyembuhan berbagai penyakit. 

  1. Mencerahkan kulit

Organ terluas yang terdapat pada tubuh manusia adalah kulit. Asupan air putih yang cukup sangat diperlukan bagi kulit guna memproduksi sel kulit yang baru sehingga membuat kulit tampak cerah. Tenta anda pernah melihat seseorang dengan kulit yang kering dan sedikit bersisik. Hal ini dikarenakan sel pada kulitnya yang mengalami kekurangan air sehingga sel kulit tersebut menjadi tidak normal atau kekeringan. Penting untuk menjaga asupan air putih bagi kulit dengan cukup karena kandungan air pada kulit manusia hingga mencapai 30 persen. Hal ini berguna dalam menjaga elastisitas juga kekenyalan kulit.

Demikian fungsi air putih yang cukup bagi tubuh agar keseimbangan akan tubuh anda dapat berjalan dengan baik.

One Comment

  1. Enjoyed reading the article above, really explains everything in detail,the guide is extremely interesting and effective.

    King regards,
    Thompson Zacho

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: