Penjelasan dan Rencana Implementasi MLFF Pengganti Kartu E-Toll

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menyebutkan tiga metode pembayaran yang dapat digunakan pengemudi pada sistem pembayaran tol tanpa kartu elektronik atau sering disebut Multi Lane Free Flow (MLFF). MLFF merupakan proses pembayaran tanpa berhenti. Artinya, pembayaran tidak perlu menghentikan kendaraan di gerbang tol untuk menempelkan kartu. Teknologi yang digunakan untuk MLFF ialah  sistem satelit navigasi Global Navigation Satelit System (GNSS). Ini adalah sistem yang memungkinkan melakukan transaksi dengan aplikasi smartphone dan dibaca dengan satelit.

GPS (Global Positioning System) selanjutnya menentukan posisi yang ditentukan oleh satelit dan proses pencocokan peta (map-matching) dilakukan di sistem pusat. Ketika kendaraan meninggalkan jalan tol dan proses pencocokan peta selesai, sistem akan menghitung tarif. Sistem ini menghemat waktu tempuh karena pengemudi tidak harus berhenti di pintu tol. Jadi, saat kendaraan melewati pintu tol, salo uang elektronik yang ada pada aplikasi di smartphone akan otomatis terpotong. Nantinya, terdapat alat untuk merekam pergerakan pengemudi dan mencatat plat nomor kendaraan. Dengan demikian, penggunaan MLFF memiliki manfaat sangat besar karena bisa menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit menyebutkan dari tiga metode yang dapat digunakan salah satu metodenya, yakni electronic on board telah digunakan oleh sejumlah pengemudi pada saat ini. “Ada tiga metode yang bisa dipilih, yaitu electronic on-board unit, on board unit, dan electronic route ticket,” jelas Danang kepada Bisnis, Kamis (19/05/2022).

Menurut Danang, setiap metode memiliki spesifikasi yang berbeda-beda meskipun kegunaaannya sama. Misalnya, pengguna yang ingin membeli electronic route ticket dapat melakukannya di aplikasi MLFF maupun situs resmi, dengan memilih titik masuk dan keluar tol. Sementara itu, untuk metode electronic onboard (E-OBU) ialah aplikasi yang diunduh pada ponsel dan terintegrasi dengan sistem pembayaran di gerbang tol.

Sumber: Bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: