Penyegaran Wasit Nasional Dan Wasit Daerah Taekwondo Banten September 2018

Penyegaran Wasit Nasional Dan Wasit Daerah Taekwondo Banten September 2018

Dalam rangka mensosialisasikan peraturan pertandingan terbaru yang dikeluarkan oleh Organisasi Taekwondo Dunia (WTF) 2018, dan sekaligus merupakan tindak lanjut dari hasil Diklat dan Penyegaran Wasit yang telah di lakukan oleh Komisi Perwasitan PBTI, Pengurus Propinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Banten, menindaklanjutinya dengan program serupa. Yakni Diklat dan Penyegaran Wasit yang diperuntukkan untuk para wasit Banten yang bertempat di Pandeglang Propinsi Banten

Acara Penyelengaraan Diklat dan Penyegaran Wasit Banten 2018 yang dibuka langsung oleh Ketua Pengprov TI Banten,  Kegiatan berlangsung dari tanggal 13-15 September 2018 bertempat di Hotel Altama by horison Pandeglang Banten dan penyegaran wasit ini dilaksanakan sebagai upaya Pengprov TI Banten untuk membekali para wasit Banten yang nantinya akan bertugas, bukan saja pada event-event yang berada di Daerah propinsi banten, namun juga event-event kejuaraan yang berada di seluruh Indonesia. Hal tersebut dikatakannya, mengingat PBTI mulai tahun ini, sesuai dengan ketentuan organisasi taekwondo dunia-WTF menyatakan bahwa peraturan terbaru pertandingan wajib dilaksanakan oleh anggota member WTF . Oleh karena itu, penting bagi Taekwondo Banten untuk bersinergi dengan PBTI, terutama dalam rangka ikut membekali para wasit daerah dan nasional asal Pengprov Banten untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan perwasitannya sesuai dengan kondisi dan peraturan terbaru.

Penyegaran Wasit Nasional Dan Wasit Daerah Taekwondo Banten September 2018 ini merupakan media sosialisasi sekaligus sarana bagi para wasit Banten  untuk meng-upgrade pengetahuan perwasitannya karena keharusan kewajiban menguasai aturan pertandingan taekwondo terbaru. Juga Di harapkan dari Diklat kali ini, muncul pula generasi atau tunas-tunas baru wasit Banten, sehingga Banten tidak akan pernah kekurangan stok sumber daya wasit karena proses perekrutan dan pemeliharaan  SDM wasit di Banten di lakukan secara terus-menerus.

Sementara itu, dalam sambutannya Sekum TI Banten Fiva Zabreno mengatakan bahwa sosialisasi peraturan WTF terbaru ini mutlak harus di pahami oleh seluruh wasit. Sebab menurutnya, kualitas pertandingan nanti akan sangat tergantung dari sejauhmana peran wasit dalam memimpin pertandingan. Ragam ketentuan yang mengatur dan hal-hal yang dianggap larangan dan pelanggaran harus secara jeli dan detail dipahami. Oleh karenanya ia meminta seluruh peserta penyegaran wasit untuk selalu meningkatkan skill perwasitannya, jangan ragu bertanya kepada yang lebih memahami, termasuk jangan bosan untuk terus belajar dan mempelajari berbagai literatur berupa artikel, video tutorial, video pertandingan resmi dan sebagainya yang di berbagai media sudah dipublikasikan.

Ditambahkan Fiva Zabreno ia berharap dengan adanya sosialisasi ini kualitas wasit Banten akan semakin terus meningkat. Hal ini tentunya akan sangat berdampak pada penugasan di berbagai pertandingan, Semakin banyak wasit asal Banten yang sering bertugas dan menjadi yang terbaik dalam penugasannya, maka itu juga merupakan prestasi bagi Banten.

Intruktur atau narasumber kegiatan DIklat kali ini berasal dari Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Grand Master TB Indramulia Arie Zuhri.Ketua komisi perwasitan PBTI itu, menjelaskan dan mensimulasikan banyak hal terkait dengan berbagai aturan terbaru yang diterapkan sesuai dengan rule World Taekwondo.  

Sumber:Taekwondobanten

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: