Khasiat Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh

Bunga telang dikenal juga dengan nama  Asian pigeonwings atau butterfly pea flower, Bunga ini  memiliki warna yang menarik yaitu biru memikat yang bisa membuat taman menjadi lebih hidup dan indah. Tanaman ini tumbuhnya merambat dan mudah mudah ditanam. Selain tampilannya yang unik dan memikat, bunga telang ini memiliki khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bunga Telang ini banyak dikonsumsi dengan cara membuatnya menjadi ramuan minuman teh bunga telang yang nikmat .

Lalu apa sajakah khasiat bunga telang yang kita dapatkan untuk tubuh kita? Berikut ini adalah beberapa Khasiat Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh

1. Dapat Menyembuhkan Gangguan pada Mata

Caranya adalah dengan merendam Air  kembang telang dan diketahui airnya ampuh digunakan sebagai obat untuk mengatasi mata merah ataupun masalah sakit mata lainnya.

2. Dapat Meredakan Batuk dan Asma

Selainpada bagian bunganya, akar bunga telang juga diketahui efektif untuk meredakan batuk dan gangguan asma. Bahkan, ini telah menjadi salah satu andalan dalam pengobatan tradisional dengan mengandalkan bahan herbal.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah Dalam Tubuh

Dalam sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, bunga telang memang  terbukti mengurangi dan bahkan menstabilkan kadar konsentrasi glukosa darah dalam tubuh.

4. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh diantaranya juga  yakni perannya dalam mengatasi tekanan darah tinggi yang memicu terjadinya gagal jantung dan bisa mengancam keselamatan jiwa.

Dalam sebuah penelitan menunjukkan bahwa kandungan dalam bunga telang berguna untuk mengurangi dan mengatur tekanan darah di angka normal.

5. Dapat Melancarkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme yang aktif dan sehat sangat penting untuk melawan kenaikan berat badan yang berlebihan dan menjaga berat badan kita agar tetap cantik dan proposional.

Teh kembang ini membantu mendorong pembakaran kalori dan meningkatkan hormon yang berperan dalam pembakaran lemak. Jadi, telang sangat baik juga untuk diet.

6. Dapat Mengatasi Stres dan Kecemasan

Butterfly pea flower telah dikenal ampuh sebagai adaptogenik yang membantu tubuh mengatasi stres.

Efeknya yang menenangkan pada tubuh dan pikiran dapat digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan berlebih.

Bunga biru indah ini bahkan telah terbukti memiliki efek ansiolitik dan antidepresi yang telah terbukti melalui sebuah penelitian yang di lakukan oleh beberapa pakar.

7. Mendukung Sistem Kekebalan Dalam Tubuh

Bunga Telang adalah solusi untuk sistem pertahanan tubuh kita dari sebuah ancaman kuman penyebab penyakit.

Kandungan dalam tumbuhan ini telah teruji efektif dalam melawan berbagai bakteri yang merugikan tubuh.

Ketika flu menjadi ancaman di cuaca yang tidak bersahabat, kita bisa mengandalkan teh bunga telang untuk memperkuat imunitas tubuh.

8. Membuang Racun dalam Sistem Pencernaan

Salah satu Khasiat Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh adalah  ia mampu membantu membuang racun-racun yang terdapat di sistem pencernaan.

Kita bisa mengonsumsinya dengan cara menyajikannya sebagai minuman teh hangat. Cukup seduh beberapa kembang telang dengan air panas, lalu diamkan sampai meresap sebelum diminum.

9. Bersifat Antiinflamasi

Butterfly pea sudah lama diketahui punya segudang manfaat dalam pengobatan Ayurveda, dan ini didukung oleh penelitian yang valid.

Ramuan bubuk bunga telang bisa membantu meredakan demam akibat peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat sebagai pertolongan pertama jika mengalami gejala suatu penyakit.

Sumber: infosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: