Cara Mudah Membuat Telur Asin

Telur asin merupakan hidangan lezat yang bisa di makan sebagai lauk dan juga bisa di makan tanpa makanan pendamping apapun. Perlu di ketahu telur asin merupakan hidangan khas dari daerah Brebes Jawa Tengah dan makanan ini sering kita temui di warung2 pinggir jalan jika kita melewati daerah brebes dan sekitarnya. Nah untuk membuat telur asin ini tentunya tidak terlalu sulit dan untuk mendapatkan resep Cara Mudah Membuat Telur Asin Akhirnya kami berkesempatan mengunjungi ke salah satu sentra industri pembuatan telur bebek asin yang terletak di Desa Limbangan Wetan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Industri ini berskala rumah tangga dan menengah sehingga hampir setiap rumah di desa ini memproduksi telur asin.

Proses untuk  pembuatan telur bebek asin masih menggunakan cara yang sederhana, belum menggunakan peralatan modern.  Langkah awal untuk membuat telur asin adalah dengan melakukan pemilihan telur yang baik yaitu telur tidak mengalami retak atau pecah dan bukan telur yang telah dibuahi (telur netas). Telur bebek yang telah dipilih dan dibersihkan dilumuri dengan adonan tanah liat yang sudah dicampuri dengan air, abu gosok, dan garam laut. Telur bebek dilapisi adonan kurang lebih 1cm dan diakhiri dengan pemberian lapisan abu gosok.

Telur bebek yang telah rampung dilapisi dengan adonan tanah liat kemudian dimasukkan kedalam sebuah tempat atau kotak buat disimpan selama 14 hari atau dua minggu. Kemudian Sesudah 14 hari, lapisan tanah liat dibersihkan hingga benar- benar bersih sampai tidak ada lagi kotoran di pori-pori kerabang telor. Ada beberapa cara memasak telur bebek asin antara lain direbus, dipanggang, atau dioven.

Perbedaan cara memasak telur  asin bebek sangat mempengaruhi tekstur dan rasa. Telur bebek asin yang telah melalui proses perebusan bertekstur basah serta berair. Telur bebek asin yang mengalami proses pemanggangan dan oven mempunya tekstur yang kesat dan juga mempunyai rasa yang khas. Kelebihan telur bebek asin yang dimasak melalui proses pengovenan ialah akan lebih tahan lama dan kandungan nutrisi telur juga tetap terjaga.

Telur bebek asin Brebes ini mempunyai ciri khas yaitu gurih, rasa asin yang rata di sebagian telur dan warna merah agak kecoklatan pada kuning telur yang kaya akan omega 3 dan protein.

Nah mudahkan Cara Mudah Membuat Telur Asin dan tentunya ini juga merupakan peluang usaha bagi kita yang ingin memulai usaha ini.

Sumber: masakan nusantara

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: