Ini Dia 8 Tips Umur Panjang Dari Kebiasaan Sederhana

Ini Dia 8 Tips Umur Panjang Dari Kebiasaan Sederhana

Ketika Anda ingin mendapatkan tubuh sehat dan bertahan hidup hingga usia tua, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan tanpa khawatir menghabiskan biaya mahal. Berikut adalah beberapa tips umur panjang yang bisa Anda terapkan saat senggang. 

  1. Tertawa

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah tertawa. Anda bisa menonton acara lawak di televisi, bercanda dengan keluarga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda tertawa. Dari segi ilmiah, kegiatan tertawa memicu produksi oksitoksin dan endorfin yang mengurangi stress dan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain mengurangi stress, ada beberapa manfaat lain dari kegiatan ini, seperti :

  •  Memperlancar aliran darah sehingga tekanan darah tetap stabil dan jantung dalam kondisi sehat.
  •  Meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.
  •  Mengurangi rasa sakit yang sedang dialami, seperti rasa nyeri atau kelelahan.
  1. Tersenyum

Saat Anda sedang dalam kondisi banyak masalah maupun tertekan karena tekanan pekerjaan atau keluarga, jangan lupa untuk tersenyum mengingat kegiatan ini bisa membuat Anda tetap awet muda. Hal ini karena produksi hormon endorfin yang membantu Anda untuk menstabilkan emosi dan memperpanjang usia.

  1. Tidur teratur

Jika Anda ingin hidup hingga usia tua, upayakan untuk selalu tidur teratur dengan mengatur pola aktivitas harian. Jangan membiasakan diri untuk selalu begadang karena pekerjaan yang dimiliki. Tidur dalam jangka waktu yang konstan akan membantu memperlancar metabolisme tubuh. 

  1. Cuci tangan sebelum makan

Kebiasaan yang satu ini tergolong sangat sederhana dan sepele, namun apabila dibiasakan dalam hidup Anda, dampaknya akan terasa luar biasa. Dengan terbiasa mencuci tangan sebelum makan, Anda bisa menjaga agar tidak ada kuman penyakit atau kotoran yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, metabolisme sel tidak terganggu.

  1. Konsumsi sayuran

Di dalam sayuran hijau, terdapat beragam mineral dan vitamin yang tidak terdapat dalam daging merah. Mengonsumsi sayuran segar dalam bentuk lalapan, jus, atau rebusan akan membantu memperbaiki regenerasi sel dan meningkatkan imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi sayuran, tubuh akan terjaga agar tetap ideal dan berstamina.

  1. Berkumpul dengan keluarga

Satu lagi metode sederhana untuk mendapatkan umur panjang adalah berkumpul dengan keluarga. Dengan menghabiskan waktu bersama keluarga untuk berbicara, berlibur, atau aktivitas lainnya, hormon endorfin dan oksitoksin akan terstimulasi lebih banyak dan tubuh menjadi lebih berstamina untuk aktivitas keesokan harinya.

  1. Olahraga teratur

Meski Anda tidak melakukan olahraga berat, seperti karate, berkuda, atau taekwondo, Anda tetap bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, berenang, dan bersepeda untuk mendapatkan kinerja organ tubuh maksimal dan terhindar dari beragam penyakit.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Satu lagi tips umur panjang yaitu menghindari rokok dan alkohol. Hal ini karena kedua benda tersebut mengandung senyawa berbahaya yang dapat menghambat kinerja organ penting seperti jantung dan paru-paru. Dengan menghindari untuk tidak konsumsi rokok maupun alkohol, tubuh akan lebih sehat dan bugar.

Sumber:enbigi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: