Khasiat Dan Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Khasiat Dan Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan Tubuh Kita Bawang putih tentunya masyarakat tidak asing mendengarnya karena merupakan salah satu bumbu dapur yang biasanya wajib untuk melengkapi rasa dan aroma sebuah masakan sayur.Selain sebagai bumbu masak bawang putih ini memiliki khasiat pengobatan herbal yang luar biasa jika di konsumsi secara teratur.Ada 2 cara mengkonsumsi bawang putih yaitu dengan cara mengonsumsi suplemen ekstrak bawang putih atau dapat juga dengan mengkonsumsi bawang putih mentah dengan langsung.

Berikut adalah Khasiat Dan Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan Tubuh Kita diantaranya adalah:

A. Dapat Menyembuhkan Flu dan infeksi lainnya

Kandungan senyawa allicin yang terdapat pada bawang putih bisa mengatasi pilek dan beberapa jenis infeksi lainnya Senyawa allicin memiliki peran penting dalam sifat anti mikroba yang dimiliki oleh bawang putih.Dalam Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa  orang yang terbiasa mengkonsumsi  bawang putih baik dengan secara langsung atau berupa suplemen mempunyai potensi terjangkit pilek lebih rendah dibandingkan dengan yang mengonsumsi plasebo. Jika terkana pilek, kelompok pengkonsumsi ini juga akan pulih lebih cepat karena mengkonsumsi bawang putih tersebut.

B.Baik untuk penderita diabetes

Selain manfatnya seperti di atas Manfaat makan bawang putih yang mentah juga dipercaya baik untuk mengatasi penyakit gula darah. Diantara beberapa manfaat bawang putih untuk Penyakit gula darah atau diabetes  adalah seperti mengatur kadar gula darah, melawan infeksi, dan dapat mengurangi beberapa efek komplikasi yang di sebabkan oleh diabetes.

Kemampuan bawang putih untuk menghadapi komplikasi penyakit diabetes adalah sama baiknya dengan kemampuan bawang putih untuk melawan infeksi, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan sirkulasinya.

C.Dapat Menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi bawang putih bisa membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat) yang terdapat dalam darah. Mengkonsumsi bawang putih dapat menurunkan sekitar 10-15% kadar kolesterol total pada sebagian orang  yang memiliki tingkat kolesterol tinggi. Walaupun mempunyai kemampuan untuk menurunkan kadar LDL, akan tetapi bawang putih tidak memberikan efek pada kadar trigliserida maupun HDL (kolesterol baik).

D.Dapat mencegah kanker

Mengkonsumsi bawang putih juga bisa menjadi salah satu pencegahan untuk penyakit kanker. Allium seperti bawang  putih dan bawang merah dengan kandungan senyawa sulfur bioaktifnya diakui mempunyai efek pada setiap pembentukan kanker dan banyak proses biologis yang mengubah risiko kanker.

Menurut Lembaga National Cancer Institute yang merupakan bagian dari National Institures of Health (NIH) Amerika Serikat, beberapa penelitian yang di lakukan menunjukkan bahwa peningkatan asupan bawang putih dapat menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk juga kanker lambung, usus besar, kerongkongan, pankreas, dan payudara.

Efek perlindungan dari bawang putih timbul dari sifat antibakterinya yang dapat untuk memblokir pembentukan zat penyebab kanker, menghentikan aktivasi zat penyebab kanker, meningkatkan perbaikan DNA, mengurangi proliferasi sel, dan menginduksi kematian sel kanker.

Nah beberapa Khasiat Dan Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan Tubuh Kita sangat besar dan masih banyak lagi khasiat mengkonsumsi bawang putih ini.Yuk di coba dan rasakan kasiat dan manfaatnya semoga kita selalu di berikan kesehatan.

Sumber:https://doktersehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: